Saturday 29 August 2020

pembuatan lantai 2 hemat biaya

Di berbagai kondisi tertentu bangunan (rumah) sering dijumpai 2 permasalahan yang terkait dengan ketersediaan ruang, yaitu antara berlebih atau kekurangan. Tentu bangunan merupakan sesuatu yang tidak dapat diubah secara letak mengharuskan ada modifikasi tertentu untuk mensiasatinya sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya kebutuhan ruang terbuka atau lahan pada rumah diharuskan lebih besar dibanding dengan luas bangunan itu sendiri karena merupakan syarat sirkulasi udara yang ideal. Namun lain halnya jika rumah tidak memiliki ruang terbuka cukup. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kebutuhan yang mendesak seperti penambahan ruangan kamar.

Salah satu alternatif yang biasa diambil tidak lain adalah membangun ke atas. Dengan memanfaatkan struktur bangunan yang sudah ada hal tersebut memungkinkan dapat menambah rancangan konstruksi baru di atasnya namun tetap memperhatikan faktor keselamatan bangunan sekitar.Bangunan 2 lantai bukan hanya sekedar membuat ruangan baru secara menjulang ke atas, tetapi harus memperhatikan struktur bangunan lama apakah masih mampu menahan beban relatif ke depannya mengingat ukuran luas bangun sama atau hampir sama.

Sebelum memutuskan untuk meningkat rumah tentu faktor biaya menjadi pertimbangan. Pada dasarnya diplihlah alternatif paling efisien dan efektif dengan kebutuhan ruang lantai 2 tersebut apakah dengan ukuran yang sama atau tidak. Ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih agar dapat menekan biaya semaksimal mungkin, antara lain

-Alternatif 1, menggunakan panel lantai jadi yang bentuknya menyerupai bata ringan namun lebih lebar dan panjang serta di dalamnya sudah terkandung tulang-tulang besi sehingga pemasangan bisa dilakukan secara langsung. Sistem pengerjaan panel lantai ini, terdiri dari 2 balok yang diletakkan berseberangan dan pada celah sambungan tersebut di cor. Memang pada prosesnya dibutuhkan tenaga lebih karena panel harus dinaikkan dari bawah.

-Alternatif 2, dengan cara konvensional yaitu ngedak atau cor langsung. Pada proses pengerjaan ini hanya dibutuhkan pembuatan adonan cor yang spesifik dan tepat. Akan tetapi dari sisi lama pengerjaan dibutuhkan waktu lebih banyak karena harus menunggu cor semen kering.

No comments:

Post a Comment