Saturday 29 August 2020

berapa biaya renovasi rumah per meter?

Setiap rumah tinggal memiliki waktu masing-masing tanpa diketahui. Sesaat harus ada suatu peremajaan atau renovasi yang dibutuhkan untuk mempertahankan komponen suatu rumah. Umumnya renovasi dapat dikategorikan dalam skala kecil maupun besar. Renovasi skala kecil dimaksudkan bagi rumah yang setiap saat tidak mampu menahan kondisi tertentu seperti cat mengelupas, plafon renggang, keramik lantai pecah, genteng lepas, dll. Sedangkan renovasi skala besar dilakukan secara menyeluruh yang mungkin merubah konstruksi rumah seperti rangka atap, pembentukan kembali, pembongkaran, penambahan ruangan, dll. Semua itu tergantung dari umur pakai rumah dan kemampuan daya tahan di segala kondisi yang tidak menentu. 

Pada saat akan diputuskan renovasi terdapat perencanaan biaya yang harus sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah. Perhitungan biaya dilakukan tenaga kontaktor dengan memanfaatkan survey di awal kesepakatan sebelum diberikannya penawaran. Dalam proses perhitungannya secara sederhana dilakukan dengan menggunakan rumus volume pengerjaan dikali harga satuan ketetapan. Harga satuan diperoleh dari akumulasi biaya tenaga kerja, biaya material bahan, biaya perluasan tanah dan bangunan, dan biaya pendukung lainnya

Beberapa aspek yang dihitung dalam pelaksanaan renovasi seperti:

-Biaya tenaga kerja, bergantung dari pelaku renovasi yang mana memiliki sistem masing-masing baik dengan sisem harian, borongan jasa, atau borongan penuh. 

-Biaya material, tentu dalam pelaksanaan renovasi harus ada kesesuaian antara biaya yang dikeluarkan dengan kebutuhan ketersediaan material.

-Biaya perluasan tanah bangunan, untuk aspek ini sifatnya opsional tergantung permintaan seperti contoh menambah ruangan baru, memperluas area ruang terbuka, dan proses pengerjaan lain yang membutuhkan pembongkaran konstruksi rumah.

-Biaya pendukung lain, pada aspek ini biasanya muncul di saat aakhir pengerjaan dan banyak faktor di dalamnya, seperti misal kebutuhan material bertambah, pertambahan unsur yang diminta, pemanfaatan alat berat atau alat pendukung berbasis mesin seperti genset atau wheel loader.


No comments:

Post a Comment